Jurnal Refleksi Pekan ke 24 PGP Angkatan 3 Kab. Lampung Utara
JURNAL
REFLEKSI PEKAN KE 24
‘ 21 - 25 Maret 2022
Model 4 F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Facts (Peristiwa) : Pekan ke 24 pada tanggal 21 – 24 maret 2022 berada pada alur ruang kolaborasi sesi presentasi, Refleksi terbimbing dan demonstrasi Kontekstual. Dimulai dari ruang kolaborasi sesi presentasi hasil diskusi pada ruang kolaborasi sesi diskusu, pada kesempatan ini saya bersama kelompok F2 mempresentasi program yang melatih kepemimpinan murid dengan merangsang suara, pemilihan dan kepemilikan oleh siswa. Program yang melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan karena sesungguhnya siswa memiliki kemampuan untuk ikut andil dalam pengambilan keputusan, meskipun selama ini guru atau orang dewasa sering memaksakan keinginanya, merasa tau yang paling baik untuk siswanya, sehingga secara tidak sadar mereka menghalangi siswa untuk mandiri dan memiliki kepemimpinan murid. Program yang kami rencana kan yaitu membentuk ekstrakurikuler Kelompok Usaha Siswa (KUS), beranggotakan siswa yang ingin belajar berwirausaha sebagai bekal mereka saat terjun di masyarakat. Pada program ini untuk melatih suara murid yaitu ketika murid memilih berkelompok dengan teman satu idenya, menyampaikan usulan usaha yang akan mereka laksanakan. Melatih pemilihan yaitu dengan diskusi pemilihan satu ide yang akan mereka laksanakan dari beberapa ide yang sudah disampaikan sebelumya, kemudian dituangkan dalam sebuah proposal usaha yang ditujuakan bagi pihak sekolah. Melatih kepemilikan yaitu ketika usaha dilaksanakan diadakan pertemuan rutin untuk berbagi ide dan permasalahan untuk saling memberi pendapat dan solusi dari permasalahan usaha yang sedang mereka jalankan. Dari hasil diskusi ada beberapa catatan yang diberikan oleh fasilitatr yaitu pemberian modal tidak harus berupa uang dari seklah, tetapi dapat dari kerjasama dengan lembaga luar seperti rumah makan dan lain-lain. Koneksi antar materi saya membuat ppt yang menerangkan suatu program yang akan dilaksanakan dimana didalamnya terdapat langkah-langkah yang melatih kepemimpinan murid. Dijabarkan apa nama program, tujuan , struktur hingga perkiraan permasalah yang akan dihadapi. Pada Demonstrasi Kontekstual saya diminta menuangkan program tersebut dalam suatu kanvas bagja terinci hingga kegiatan yang akan dilakukan dalam menjawab pertanyaan yang ada
Feelings (perasaan) : saya merasa bersemangat selama mengikuti kegiatan terutama ketika belajar membuat suatu program yang benar-benar berdasarkan kebutuhan murid yang mampu melatih kepemimpinan murid.
Findings ( Pembelajaran): pada pekan ini hal baru yang saya pelajari yaitu ada banyak cara untuk melatih kepemimpinan murid terutama dalam program-program yang selama ini sudah dijalankan di sekolah, hanya saja belum terstruktur hingga kegiatan monitoring dan evaluasi.
Future (penerapan) : setelah belajar di pekan ini saya akan terus semangat belajar dan mengembangan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan yang ada disekolah agar terus melatih kepemimpinan murid.
Komentar
Posting Komentar