Jurnal Refleksi Pekan ke 21 PGP Angkatan 3 Kab. Lampung Utara
JURNAL REFLEKSI PEKAN KE 21
(1 - 5 Maret 2022)
Model 1 : 4 F (Facts, Feelings, Findings, Future)
1. Facts (peristiwa) PGP pekan ke 21 mulai tangggal 1 hingga 5 maret 2022, melalui alur ruang kolaborasi, refleksi terbimbing dan demonstrasi kontekstual modul 3.2 pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Ruang klaborasi terdiri dari 2 kegiatan yaitu pertemuan pertama sesi diskusi dan sesi ke 2 presentasi. Sesi diskusi kami dikelompokkan berdasarkan kedekatan wilayah, saya masuk dalam kelompok kotabumi yang terdiri dari 4 orang yaitu saya sendiri, ema suryana, ardhiana amran dan yuliansyah. Pada sesi ini kamu diminta mengidentifikasi 7 aset yang terdapat pada daerah kami, mulai dari aset manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan alam, modal finansial, modal politik, modal agama dan budaya. Sesi presentasi setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing, ada berbagai macam aset yang diidentifikasi masing-masing kelompok yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang perbaikan pembelajaran diseklah, kekurangan hasil diskusi tiap kelompk yaitu masih berfokus pada aset yang terdapat pada sekolah seharusnya aset itu bisa lebih luas mencakup daerah lebih besar bahkan bisa mencapai kebijakan yang ada pada daerah atau kabupaten, serta pendapatan asli daerah juga mempengaruhi finansial dari sekolah itu tersebut. Refleksi terbimbing kami mencoba membandingkan pengetahuan awal kami sebelum mempelajari modul ini dan pengetahuan kami setelah mempelajari modul 3.2. Kamu mengidentifikasi hal-hal baru yang kami dapat yaitu berbagai aset yang dapat menunjang kegiatan sekolah. Demonstrasi kontekstual hari pertama yaitu saya ditugaskan mengidentifikasi aset-aset yang berpengaruh pada jalannya pembelajaran disekolah tempat saya bekerja yaitu SMAN 3 kotabumi. Pada pekan ini banyak hal baru dan menarik saya pelajari meskipun disetiap mempelajari hal baru selalu ada saja tantangannya, baik tantangan dari diri saya sendiri yaitu motivasi untuk memulai kegiatan karena mengingat banyak sekali kegiatan yang harus saya kerjakan sehubungan dengan kegiatan sekolah. Untuk mengatasi hal tersebut saya berusaha untuk terus menyemangati diri saya , berusaha memanfaatkan waktu disela kesibukan untuk tetap mempelajari materi dan mengerjakan tugas pada LMS.
2. Feeling (Perasaan) : Mempelajari hal baru selalu menyenangkan begitu juga saya dipekan ini menemukan hal-hal baru yang dapat saya manfaatkan untuk perbaikan pembelajaran saya di kelas, dengan hati yang senang maka semangat dan motivasi mengikuti kegiatan ini tentu menjadi lebih baik lagi.
3. Findings (pembelajaran) : Banyak sekali hal-hal baru yang saya dapatkan saat mempelajari modul 3.2 jenis-jenis aset juga pengaruhnya sumber daya bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekolah, namun yang menjadi garis bawah dan membuat saya lebih semangat yaitu aset atau sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas sekolah tidak hanya terbatas di dalam sekolah, namun lebih luas hingga daerah, kebijakan daerah hingga politik serta kultur budaya dan agama daerah tersebut dapat dimanfaatkan untuk kemajuan sekolah.
4. Future (Penerapan) : Mempelajari hal-hal baru merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan, namun semua itu tidak akan berarti bila tidak dapat berpengaruh pada kehidupan kita oleh karena itu perlu suatu manfaat bagi pelajari baru. Untuk mendapatkan manfaat tersebut yaitu dengan mengaplikasikan, mempraktekan dalam kehidupan kita. Untuk melakukan tindak lanjut dari hal-hal baru yang saya pelajari yaitu saya berusaha berlatih mengidentifikasi aset yang dimiliki oleh sekolah tempat saya bekerja
Komentar
Posting Komentar