AKSI NYATA MODUL 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
AKSI NYATA MODUL 1.2
Refleksi Pembelajaran
Oleh
: Suparmi
CGP
Angkatan 3
Kab.
Lampung Utara
A.
Latar
Belakang
Profil Pelajar Pancasila
adalah karakter yang diharapkan muncul pada segenap murid di Indonesia. Keenam
karakter tersebut tercerminkan melalui perilaku sehari-hari yang akhirnya
menjadi kebiasaan. Untuk mendukung tercapainya karakter ini, setiap guru perlu
menanamkan nilainilai dan pola pikir sebagai penuntun atau pamong. Nilai-nilai
ini bisa berkembang jika seorang guru penggerak mengaktifkan otak luhurnya agar
bisa berpikir strategis dan kreatif dalam menjalankan peran sebagai guru
penggerak
Lima nilai dari Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif,
Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.
Reflektif berarti seorang
Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai pengalaman yang
terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain.
Proses perwujudan Profil Pelajar Pancasila, juga perjalanan menjadi Guru
Penggerak pastinya akan penuh dengan pengalaman-pengalaman yang bervariasi.
Pengalaman-pengalaman ini bisa menimbulkan kesan positif maupun negatif. Dengan
mengamalkan nilai reflektif, Guru Penggerak diajak untuk mengevaluasi kembali
pengalaman-pengalaman tersebut, hingga bisa menjadi pembelajaran dan panduan
untuk menjalankan perannya di masa mendatang. Salah satu refleksi yang dapat
dilakukan seorang guru yaitu melakukan refleksi di akhir pembelajaran
Berdasarkan uraian tersebut maka dilaksanakan aksi
nyata yang berjudul “ Refleksi Pembelajaran”
B.
Deskripsi
Aksi Nyata
Disetiap akhir
pembelajaran siswa di wajibkan melakukan refleksi terkait pembelajaran yang
sudah dilaksanakan baik dari segi model pembelajaran maupun dari prilaku guru,
dan harapan siswa untuk pembelajaran berikutnya. Refleksi dilakukan dengan
membuat beberapa pertanyaan menggunakan google form yang akan diisi oleh siswa
di akhir pertemuan.
C.
Tujuan
Aksi Nyata
Tujuan dari aksi nyata ini yaitu:
1. Memaknai
pembelajaran yang telah dilaksanakan
2. Mengetahui
kekurangan dari pembelajaran berdasarkan sudut pandang siswa
3. Mengetahui
harapan pembelajaran yang diinginkan oleh siswa
4. Memperbaiki
pembelajaran menjadi lebih baik
D.
Linimasa
Kegiatan
Adapun langkah-langkah pelaksanaan aksi nyata:
1. Membuat
daftar pertanyaan refleksi menggunakan google form
2. Melaksanakan
pembelajaran di kelas dan meminta siswa mengisi gooogle form di akhir
pembelajaran
3. Melakukan
analisis dari hasil jaaban siswa, untuk mengetahui kekurangan dari pembelajaran
yang telah dilaksanakan
4. Melakukan
rencana perbaikan pembelajaran.
E.
Refleksi
Aksi Nyata ini
dilaksanakan pada masa pandemi saat pembelajaran tatap muka 50%, sehingga yang
merasakan model pembelajaran dan interaksi oleh guru hanya sebagian siswa, maka
siswa yang dapat memberikan refleksi pembelajaran hanya siswa yang tatap muka.
Akan lebih baik jika refleksi dilaksanaan pada pembelajaran tatap muka 100%
sehingga jawaban siswa lebih bervariasi.
F.
Rencana
Tindak Lanjut
Setelah melakukan
kegiatan aksi nyata, banyak sekali hal-hal baru yang didapat oleh guru berdasarkan
jawaban pertanyaan refleksi oleh siswa. Kegiatan ini akan terus dilaksnakan
dalam pembelajaran dikelas dengan terus memperbaiki pertanyaan refleksinya.
G. Dokumentasi
Komentar
Posting Komentar