AKSI NYATA MODUL 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

 


AKSI NYATA MODUL 1.2

Refleksi Pembelajaran

Oleh : Suparmi

CGP Angkatan 3

Kab. Lampung Utara

 

A.    Latar Belakang

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter yang diharapkan muncul pada segenap murid di Indonesia. Keenam karakter tersebut tercerminkan melalui perilaku sehari-hari yang akhirnya menjadi kebiasaan. Untuk mendukung tercapainya karakter ini, setiap guru perlu menanamkan nilainilai dan pola pikir sebagai penuntun atau pamong. Nilai-nilai ini bisa berkembang jika seorang guru penggerak mengaktifkan otak luhurnya agar bisa berpikir strategis dan kreatif dalam menjalankan peran sebagai guru penggerak

Lima nilai dari Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.

Reflektif berarti seorang Guru Penggerak mampu senantiasa merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada diri sendiri serta pihak lain. Proses perwujudan Profil Pelajar Pancasila, juga perjalanan menjadi Guru Penggerak pastinya akan penuh dengan pengalaman-pengalaman yang bervariasi. Pengalaman-pengalaman ini bisa menimbulkan kesan positif maupun negatif. Dengan mengamalkan nilai reflektif, Guru Penggerak diajak untuk mengevaluasi kembali pengalaman-pengalaman tersebut, hingga bisa menjadi pembelajaran dan panduan untuk menjalankan perannya di masa mendatang. Salah satu refleksi yang dapat dilakukan seorang guru yaitu melakukan refleksi di akhir pembelajaran

Berdasarkan uraian tersebut maka dilaksanakan aksi nyata yang berjudul “ Refleksi Pembelajaran”

B.     Deskripsi Aksi Nyata

Disetiap akhir pembelajaran siswa di wajibkan melakukan refleksi terkait pembelajaran yang sudah dilaksanakan baik dari segi model pembelajaran maupun dari prilaku guru, dan harapan siswa untuk pembelajaran berikutnya. Refleksi dilakukan dengan membuat beberapa pertanyaan menggunakan google form yang akan diisi oleh siswa di akhir pertemuan.

C.    Tujuan Aksi Nyata

Tujuan dari aksi nyata ini yaitu:

1.      Memaknai pembelajaran yang telah dilaksanakan

2.      Mengetahui kekurangan dari pembelajaran berdasarkan sudut pandang siswa

3.      Mengetahui harapan pembelajaran yang diinginkan oleh siswa

4.      Memperbaiki pembelajaran menjadi lebih baik

 

D.    Linimasa Kegiatan

Adapun langkah-langkah pelaksanaan aksi nyata:

1.      Membuat daftar pertanyaan refleksi menggunakan google form

2.      Melaksanakan pembelajaran di kelas dan meminta siswa mengisi gooogle form di akhir pembelajaran

3.      Melakukan analisis dari hasil jaaban siswa, untuk mengetahui kekurangan dari pembelajaran yang telah dilaksanakan

4.      Melakukan rencana perbaikan pembelajaran.

 

E.     Refleksi

Aksi Nyata ini dilaksanakan pada masa pandemi saat pembelajaran tatap muka 50%, sehingga yang merasakan model pembelajaran dan interaksi oleh guru hanya sebagian siswa, maka siswa yang dapat memberikan refleksi pembelajaran hanya siswa yang tatap muka. Akan lebih baik jika refleksi dilaksanaan pada pembelajaran tatap muka 100% sehingga jawaban siswa lebih bervariasi.

F.     Rencana Tindak Lanjut

Setelah melakukan kegiatan aksi nyata, banyak sekali hal-hal baru yang didapat oleh guru berdasarkan jawaban pertanyaan refleksi oleh siswa. Kegiatan ini akan terus dilaksnakan dalam pembelajaran dikelas dengan terus memperbaiki pertanyaan refleksinya.

G.    Dokumentasi

 


\





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid