Jurnal Refleksi Pekan ke 23 PGP angkatan 3 Kabupaten Lampung Utara
JURNAL REFLEKSI PEKAN KE 23
(14 - 18 Maret 2022)
Model 4 F (Facts, Feelings, Findings, Future)
1. Facts (Peristiwa) : Pekan ke 23 dari pelatihan guru penggerak angkatan 3 kab. Lampung pada tanggal 14 hingga 18 maret 2022. Memulai kegiatan pada Modul 3.3 ( Pengelolaan Prgram yang berdampak pada Murid) pada alur mulai dari diri, eksplorasi konsep dan ruang kolaborasi sesi diskusi. Mulai dari diri pada alur ini saya diajak mengingat peristiwa pada masa sekolah tentang kegiatan ekstrakurikuler, Intra kurikuler atau kokurikuler yang masing diingat , apa saja manfaat yang saya peroleh pada saat itu. Hal yang saya inget yaitu saat SMA mengikuti kegiatan ekstrakurikuler KIR melakukan penelitian tentang pengaruh daun pada tumbuhan kacang panjang terhadap banyaknya buah yang dihasilkan. Pada masa itu saya belajar melakukan suatu penelitian, bersabar dan teliti dalam melaksanakan suatu penelitian. Hal ini membekas dalam diri saat menumbuhkan suatu kesadaran bahwa sesuatu itu perlu kesabaran dan ketelitian. Eksplorasi konsep berisi mateeri-materi baru diantaranya yang saya peroleh yaitu bahwa murid sesungguhnya mampu ikut andil dalam bentuk pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh seorang guru. Siswa bukanlah makhluk pasif, ia jika diberi esempatan sesungguhnya mampu memliki banyak ide terkait pemelajaran, hanya saya guru atau orang dewasa lebih cenderung menganggap bahwa murid harus selalu dituntun, guru merasa paling mengetahu apa yang terbaik bagi muridnya. Oleh karena itu guru sesungguhnya sedang mengekang perkembangan muridnya, seharusnya guru menciptak suatu keadaan dimana murid mampu mengungkapkan suara atau idenya, kemudian ikut dalam proses pengambilan keputusan yang akan dilaksanakan dalam kelas, terakhir siswa juga di ajak memeahkan masalah yang ada dikelas agar mereka memiliki rasa kepemilikan terhadap pembelajaran dikelas. Dengan melatih murid menyampaikan suaranya, ikut serta dalam pemilihan serta memiliki rasa kepemilikan sesungguhnya saat itu guru sedang melatih jiwa kepemimpinan yang ada pada murid. Ruang kolaborasi sesi diskusi, kami dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari kelompok F1 dan F2 berdiskusi membuat suatu program yang mampu menumbuhkan kepemimpinan murid dengan melatih suara, pilihan dan kepemilikan dalam diri siswa. Hasil diskusi F2 yaitu membuat program kewirausahaan siswa yang bertujuan melatih siswa untuk berwirausaha dengan modal yang disubsidi oleh seklah. Pada kegiatan ini siswa dilatih mengeluarkan suara ketika memilih kelompok dan masing kelompok menyampaikan ide usaha yang mereka inginkan. Murid bersama guru berdiskusi melakukan pemilihan ide usaha yang akan diambil oleh kelompok mereka. Dan diadakan rapat evaluasi kegiatan secara rutin bersama perwakilan siswa dan pendampingnya. Disini murid akan menyampaikan permasalah yang mereka alami saat kegiatan kUS. Kesulitan yang saya temukan pada pekan ini yaitu kesulitan memotivasi diri saya untuk mempelajari modul yang ada disekolah.
2. Feelings (perasaan ) : Mempelajari suatu hal baru tentu sangat menyenangkan, namun saya sadar bahwa selama ini saya masih kurang menjalankan materi tersebut dalam kelas
3. Findings (Pembelajaran) : Hal baru yang saya dapat dalam kegiatan ini yaitu setiap murid memiliki kemampuan untuk ikut andil dalam menentukan model pembelajaran yang akan dilakukan. Guru harus memahami itu dan menciptakan suasana dikelas yang mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid melalui kegiatan HUMAS...
4. Future (Penerapan) setelah mempelajari materi yang baru, tidak akan lengkap tanpa mengaplikasikan materi tersebut dalam kegiatan sehari-hari (aksi nyata). Sehingga saya membuat suatu rencana yaitu pada upaya membiasakan siswa membuat karya tulis secara berkelompk.
Komentar
Posting Komentar