Aksi Nyata modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
SUPARMI, CGP Angk 3, Kab. Lampung Utara
Peristiwa (Facts)
Selama
masa pandemi ini sekolah mengalami banyak perubahan dalam sistem pembelajaran
berdasarkan status wilayah. Saat ini di SMAN 3 Kotabumi menjalankan sistem
pembelajaran tatap muka 50 persen, dimana sebagian hadir di sekolah dan
sebagian daring belajar dari rumah. Kondisi ini memaksa guru harus mampu
menerapkan pembelajaran secara campuran perpaduan antara daring dan tatap muka.
Begitu juga saat melaksanakan penilaian harian guru menghadapi pilihan antara
melaksanakan penilaian di saat tatap muka bergantian atau bersamaan antara
tatap muka dan daring.
Penilaian
secara bergantian dilaksanakan pada pekan pertama untuk siswa tatap muka
menggunakan penilaian manual dengan kertas untuk siswa yang daring dilaksanakan
pada pekan depan mendapat giliran tatap muka. Kondisi ini memiliki kelebihan
dan juga kelemahan yaitu guru mampu mengontrol siswa mengerjakan soal dengan
jujur namun kelemahannya memerlukan waktu yang lebih lama. Pilihan kedua yaitu
melaksanakan penilaian secara daring bersama-sama antara siswa tatap muka dan
siswa daring. Penilaian menggunakan aplikasi Quizziz dimana soal yang diberikan
acak dan dibatasi waktu. Kelebihannya yaitu guru dapat langsung melaksanakan
penilaian secara serempak, dan untuk memperkecil kecurangan ujian siswa daring
maka di setiap soal di beri batasan waktu menjawabnya sehingga siswa akan
memanfaatkan waktu dengan baik agar bisa menjawab semua pelajaran.
Berdasarkan
kondisi tersebut diambil keputusan untuk melaksanakan penilaian harian
menggunakan aplikasi quizziz untuk siswa daring maupun tatap muka.Kegiatan
penilaian menggunakan aplikasi quizziz dilaksanakan pada kelas tatap muka
dengan menggunakan handphone dari masing-masing siswa dan diamati oleh guru di
dalam kelas. Untuk siswa daring guru mengirimkan link ujian di classroom dan
siswa daring mengerjakan sesuai waktu pelajaran berbarengan dengan jam pada
siswa tatap muka.
Gambar 1 :Suasa penilaian harian menggunakan
Quizziz pada siswa tatap Muka
Gambar 2. Hasil ujian quizziz, terjadi
kejar-kejaran nilai antara siswa daring dan tatap muka
Gambar 3 : Guru mengirim link ujian pada
classroom
Perasaan (Feelings)
Sebelum melaksanakan aksi nyata saya
merasa ragu-ragu untuk mengambil keputusan antara melaksanakan penilaian harian
secara tatap muka bergantian atau bersama-sama antar daring dan tatap muka.
Setelah mengambil keputusan akan melaksanakan penilaian harian menggunakan
aplikasi quizziz saya masih merasa ragu apakah siswa akan menyukainya , dan
apakan siswa yang daring dari rumah akan kesulitan mengakses quiz tersebut.
Namun saya tetap bertekad untuk melaksanakan, saya akan melihat apa kekurangan
dari aksi nyata tersebut dan saya berusaha mengurangi kendala-kendala yang
muncul selama pelaksanaan ujian.
Setelah melaksanakannya saya merasa
senang karena ternyata tanggapan dari para siswa sangat bagus baik yang daring
ataupun yang tatap muka. Siswa tatap muka berpendapat sangat menyenangkan ujian
menggunakan aplikasi quizziz karena fiturnya seperti games sehingga murid lebih
rileks dalam pengerjaannya. Untuk siswa daring tidak ada kendala yang sangat
berarti ada 2 siswa yang kesulitan untuk masuk dalam aplikasi, dan selebihnya
tidak ada masalah. Dengan menggunakan ujian seperti ini ternyata tingkat keikut
sertaan siswa daring meningkat lebih banyak dan sesuai waktu.
Pembelajaran (Findings)
Seorang guru
sebagai pemimpin pembelajaran terkadang harus mengambil suatu keputusan terkait
pembelajarannya. Untuk mengambil keputusan harus selalu berdasarkan kepentingan
muridnya. Dari aksi nyata yang dilakukan yaitu keputusan yang diambil untuk
kebaikan bagi murid dan hasilnya murid lebih bersemangat mengikuti ujian dan
tidak terlalu stress karena ujian dilaksanakan seperti mereka sedang bermain
game.
Penerapan Ke depan (Future)
Dari aksi nyata
ini saya belajar mengambil keputusan yang berdasarkan kebaikan bagi siswa,
karena itu untuk kedepannya saya akan berlatih mengambil keputusan yang selalu
mengedepankan kebutuhan siswa saya.
SALAM DAN BAHAGIA
TERIMA KASIH
Komentar
Posting Komentar