Aksi Nyata modul 3.1 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

 

Aksi Nyata Modul 3.1 Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran

SUPARMI, CGP Angk 3, Kab. Lampung Utara

 

Peristiwa (Facts)

Selama masa pandemi ini sekolah mengalami banyak perubahan dalam sistem pembelajaran berdasarkan status wilayah. Saat ini di SMAN 3 Kotabumi menjalankan sistem pembelajaran tatap muka 50 persen, dimana sebagian hadir di sekolah dan sebagian daring belajar dari rumah. Kondisi ini memaksa guru harus mampu menerapkan pembelajaran secara campuran perpaduan antara daring dan tatap muka. Begitu juga saat melaksanakan penilaian harian guru menghadapi pilihan antara melaksanakan penilaian di saat tatap muka bergantian atau bersamaan antara tatap muka dan daring.

Penilaian secara bergantian dilaksanakan pada pekan pertama untuk siswa tatap muka menggunakan penilaian manual dengan kertas untuk siswa yang daring dilaksanakan pada pekan depan mendapat giliran tatap muka. Kondisi ini memiliki kelebihan dan juga kelemahan yaitu guru mampu mengontrol siswa mengerjakan soal dengan jujur namun kelemahannya memerlukan waktu yang lebih lama. Pilihan kedua yaitu melaksanakan penilaian secara daring bersama-sama antara siswa tatap muka dan siswa daring. Penilaian menggunakan aplikasi Quizziz dimana soal yang diberikan acak dan dibatasi waktu. Kelebihannya yaitu guru dapat langsung melaksanakan penilaian secara serempak, dan untuk memperkecil kecurangan ujian siswa daring maka di setiap soal di beri batasan waktu menjawabnya sehingga siswa akan memanfaatkan waktu dengan baik agar bisa menjawab semua pelajaran.

Berdasarkan kondisi tersebut diambil keputusan untuk melaksanakan penilaian harian menggunakan aplikasi quizziz untuk siswa daring maupun tatap muka.Kegiatan penilaian menggunakan aplikasi quizziz dilaksanakan pada kelas tatap muka dengan menggunakan handphone dari masing-masing siswa dan diamati oleh guru di dalam kelas. Untuk siswa daring guru mengirimkan link ujian di classroom dan siswa daring mengerjakan sesuai waktu pelajaran berbarengan dengan jam pada siswa tatap muka.




Gambar 1 :Suasa penilaian harian menggunakan Quizziz pada siswa tatap Muka


Gambar 2. Hasil ujian quizziz, terjadi kejar-kejaran nilai antara siswa daring dan tatap muka



Gambar 3 : Guru mengirim link ujian pada classroom

Perasaan (Feelings)

Sebelum melaksanakan aksi nyata saya merasa ragu-ragu untuk mengambil keputusan antara melaksanakan penilaian harian secara tatap muka bergantian atau bersama-sama antar daring dan tatap muka. Setelah mengambil keputusan akan melaksanakan penilaian harian menggunakan aplikasi quizziz saya masih merasa ragu apakah siswa akan menyukainya , dan apakan siswa yang daring dari rumah akan kesulitan mengakses quiz tersebut. Namun saya tetap bertekad untuk melaksanakan, saya akan melihat apa kekurangan dari aksi nyata tersebut dan saya berusaha mengurangi kendala-kendala yang muncul selama pelaksanaan ujian.

Setelah melaksanakannya saya merasa senang karena ternyata tanggapan dari para siswa sangat bagus baik yang daring ataupun yang tatap muka. Siswa tatap muka berpendapat sangat menyenangkan ujian menggunakan aplikasi quizziz karena fiturnya seperti games sehingga murid lebih rileks dalam pengerjaannya. Untuk siswa daring tidak ada kendala yang sangat berarti ada 2 siswa yang kesulitan untuk masuk dalam aplikasi, dan selebihnya tidak ada masalah. Dengan menggunakan ujian seperti ini ternyata tingkat keikut sertaan siswa daring meningkat lebih banyak dan sesuai waktu.

Pembelajaran (Findings)

Seorang guru sebagai pemimpin pembelajaran terkadang harus mengambil suatu keputusan terkait pembelajarannya. Untuk mengambil keputusan harus selalu berdasarkan kepentingan muridnya. Dari aksi nyata yang dilakukan yaitu keputusan yang diambil untuk kebaikan bagi murid dan hasilnya murid lebih bersemangat mengikuti ujian dan tidak terlalu stress karena ujian dilaksanakan seperti mereka sedang bermain game.

Penerapan Ke depan (Future)

Dari aksi nyata ini saya belajar mengambil keputusan yang berdasarkan kebaikan bagi siswa, karena itu untuk kedepannya saya akan berlatih mengambil keputusan yang selalu mengedepankan kebutuhan siswa saya.

 

SALAM DAN BAHAGIA

TERIMA KASIH






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid