Aksi Nyata Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

AKSI NYATA MODUL 3.2

PEMBERIAN PAPAN NAMA POHON SEBAGAI PEMANFAATAN PEPOHONAN UNTUK SUMBER BELAJAR

Oleh : SUPARMI

CGP Angkatan 3

Kab. Lampung Utara

 

1.    Latar Belakang

Seorang pendidik merupakan seorang pemimpin pembelajaran, ia dituntut untuk mampu mengidentifikasi aset-aset sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Setiap sekolah memiliki berbagai macam aset yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran dikelas. Pepohonan merupakan salah satu jenis aset lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari sebatang pohon, namun untuk mempelajarinya dan kemudian memanfaatkannya maka perlu mengenal jenis pohon tersebut terlebih dahulu. Dengan mengenal nama pohon dan klasifikasinya maka pohon tersebut akan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar baik untuk pelajaran biologi , prakarya dan pelajaran-pelajaran lainnya.

SMAN 3 Kotabumi merupakan sekolah dengan ukuran yang cukup luas, memiliki banyak pepohonan yang berjumlah lebih dari seratus dan dengan jenis yang beraneka ragam. Pepohonan yang juga merupakan aset sekolah dapat dimanfaatkan untuk sumber belajar bagi siswa di sekolah. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan aksi nyata “Meningkatkan kreatifitas siswa dengan membuat papan nama pohon”

2.    Gambaran/Deskripsi aksi nyata

Siswa anggota KIR membentuk kelompok 2-3 orang yang akan diberi tugas membuat papan nama untuk 2 jenis pohon yang ada disekolah. Nama pohon disertai nama klasifikasi serta kegunaannya dengan desain disesuaikan dengan minat kelompok tersebut. Hasil penamaan digunakan sebagai tambahan penilaian untuk ekstrakurikuler KIR

3.    Tujuan Aksi Nyata

·           Melatih kreatifitas siswa

·           Melatih siswa berkolaborasi

·           Memanfaatkan aset lingkungan alam sebagai sumber belajar

·           Menambah keindahan sekolah 

4.    Linimasa Kegiatan

·         Berkoordinasi dengan kepala sekolah, waka terkait, pembina ekskul KIR dan guru Biologi

·         Sosialisasi kegiatan kepada siswa

·         Siswa berkelompok dan berdiskusi menentukan konsep papan nama yang akan mereka buat

·         Melakukan pendampingan oleh guru kepada siswa

5.    Refleksi kegiatan

Jumlah siswa KIR masih kalah dengan jumlah pohon yang ada disekolah sehingga masih banyak yang belum diberi nama

6.    Rencana tindak lanjut

Melanjutkan kegiatan aksi nyata hingga seluruh pohon memiliki papan nama.

7.    Prakarsa Perubahan


8. Dokumentasi








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid