Aksi Nyata Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya
AKSI
NYATA MODUL 3.2
PEMBERIAN PAPAN NAMA POHON
SEBAGAI PEMANFAATAN PEPOHONAN UNTUK SUMBER BELAJAR
Oleh : SUPARMI
CGP Angkatan 3
Kab. Lampung Utara
1.
Latar
Belakang
Seorang pendidik merupakan
seorang pemimpin pembelajaran, ia dituntut untuk mampu mengidentifikasi
aset-aset sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas
pembelajaran. Setiap sekolah memiliki berbagai macam aset yang dapat
dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran dikelas. Pepohonan
merupakan salah satu jenis aset lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai
sumber belajar. Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari sebatang pohon, namun
untuk mempelajarinya dan kemudian memanfaatkannya maka perlu mengenal jenis
pohon tersebut terlebih dahulu. Dengan mengenal nama pohon dan klasifikasinya
maka pohon tersebut akan dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar baik untuk
pelajaran biologi , prakarya dan pelajaran-pelajaran lainnya.
SMAN 3 Kotabumi merupakan
sekolah dengan ukuran yang cukup luas, memiliki banyak pepohonan yang berjumlah
lebih dari seratus dan dengan jenis yang beraneka ragam. Pepohonan yang juga
merupakan aset sekolah dapat dimanfaatkan untuk sumber belajar bagi siswa di
sekolah. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan aksi nyata “Meningkatkan
kreatifitas siswa dengan membuat papan nama pohon”
2. Gambaran/Deskripsi aksi nyata
Siswa anggota KIR membentuk
kelompok 2-3 orang yang akan diberi tugas membuat papan nama untuk 2 jenis
pohon yang ada disekolah. Nama pohon disertai nama klasifikasi serta
kegunaannya dengan desain disesuaikan dengan minat kelompok tersebut. Hasil
penamaan digunakan sebagai tambahan penilaian untuk ekstrakurikuler KIR
3. Tujuan Aksi Nyata
·
Melatih kreatifitas siswa
·
Melatih siswa berkolaborasi
·
Memanfaatkan aset lingkungan alam sebagai
sumber belajar
· Menambah keindahan sekolah
4. Linimasa Kegiatan
·
Berkoordinasi dengan kepala sekolah, waka
terkait, pembina ekskul KIR dan guru Biologi
·
Sosialisasi kegiatan kepada siswa
·
Siswa berkelompok dan berdiskusi menentukan
konsep papan nama yang akan mereka buat
· Melakukan pendampingan oleh guru kepada siswa
5. Refleksi kegiatan
Jumlah siswa KIR masih kalah
dengan jumlah pohon yang ada disekolah sehingga masih banyak yang belum diberi
nama
6. Rencana tindak lanjut
Melanjutkan kegiatan aksi
nyata hingga seluruh pohon memiliki papan nama.
7. Prakarsa Perubahan
8. Dokumentasi
Komentar
Posting Komentar