Jurnal Refleksi Pekan ke 1 Program Calon Guru penggerak Angkatan 3

 

Bismillahirahmanirahim... Calon Guru Penggerak itulah status saya saat ini terkait program pemerintah pelatihan guru penggerak, pelatihan yang sudah seminggu ini saya ikuti. Sebuah pelatihan dengan durasi panjang yaitu 9 bulan yang bertujuan menciptakan pendidik yang memiliki kemampuan menjadi pemimpin pembelajaran dikelas ataupun di satuan pendidikan. Diawal mengikutinya saya belum tau mau apa dan apa yang akan saya jalani selama 9 bulan itu, setelah adanya lokakarya 0 saya mulai memiliki bayangan hal yang akan saya jalani, dengan niat bismilah saya mencoba berdamai dengan diri saya yang selama ini merasa terbebani setelah mengetahui gambaran perjalanan panjang yang akan dialami seorang CGP, khawatir di kegiatan ini saya akan menemui banyak kesulitan mengingat durasinya yang panjang dan juga tugas atau kegiatan LMS yang harus dilakukan setiap hari. Diawali dengan niat kemudian saya menanamkan pada diri saya bahwa disetiap harinya saya harus mengerjakan aktivitas LMS disetiap ada waktu luang dan yang pasti waktu yang menjanjikan untuk bisa mengakses LMS dengan konsentrasi tinggi yaitu malam hari.

Pelatihan ini dimulai dengan pembahasan modul 1.1 yang berisi tentang filosofi pemikiran bapak pendidik Indonesia yaitu Ki Hadjar dewantara. Secara pribadi saya mengenal Ki Hadjar Dewantara hanya sebatas bapak pendidikan Indonesia yang bersama tiga serangkai mendirikan Taman Siswa tanpa paham apa sebenarnya isi pemikiran beliau hingga dinobatkan sebagai bapak pendidikan Indonesia, dalam modul ini saya diberi penjelasan tentang pemikiran dasar Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan dan merefleksikannnya dalam diri saya. Setelah mulai membaca bukannya paham saya justru bingung, kemudian berusaha membaca berbagai referensi dari berbagai artikel terkait pemikiran KHD tetap saja belum ada hal yang bisa saya ambil, sehingga beberapa kali pengisian LMS tentang refleksi diri ini berbeda-beda hal yang saya tulis tentang pemikiran KHD, hingga ketika saya menyaksikan video Refleksi pemikiran Ki Hadjar Dewantara oleh bapak dirjen pendidikan yaitu pak Iwan, dari situ saya mulai mendapat benang merah pemikiran dari filosofi Ki Hadjar Dewantara, satu hal yang membuat saya tertarik yaitu beliau mengatakan bahwa pendidikan menurut KHD yaitu menuntun anak mengoptimalkan kodrat alam atau potensi dalam diri anak tanpa merubahnya, pendidikan hanya menyediakan ruang perkembangan anak sesuai kodratnya agar tumbuh dengan baik mencapai keselamatan dan kebahagian hidup pendidik hanya berperan sebagai fasilitator dan pengontrol agar anak dapat berkembang dengan baik . Selain merefleksi diri saya juga diminta untuk melakukan kolaborasi dengan CGP lain, disini kami berdiskusi  saling memberi pendapat untuk menyamakan pemahaman terkait pembelajaran dikelas yang sesuai pemikiran KHD. Hasil pemikiran banyak orang akan menghasilkan hal yang lebih baik dibanding hasil pemikiran satu orang, menarik itulah yang saya rasakan saat diskusi kelompok, pendapat dari rekan CGP lain semakin menambah pengetahuan bagi diri saya.

Setelah mengikuti berbagai kegiatan selama satu pekan ini ada beberapa pelajaran yang saya peroleh, pertama saya menyadari bahwa banyak yang belum saya ketahui tentang konsep pendidikan di Indonesia, bagaimana saya dapat menjadi seorang pendidik yang baik jika ternyata dasar pendidikan itu sendiri saya belum paham terutama tentang pembelajarn yang saya lakukan dikelas dimana sebagai pendidik saya harus menuntun siswa saya berdasarkan semboyan ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso dan tut wuri handayani serta pengajaran itu harus bersifat menghamba kepada anak atau bisa diartikan hal apapun yang akan saya lakukan dalam pembelajaran dikelas harus selalu berdasarkan kebutuhan siswa. Pelajaran kedua yaitu ternyata belajar bersama itu menyenangkan, dengan diskusi dalam ruang kolaborasi banyak informasi baru yang saya peroleh, dalam ruang itu kami berkolaraborasi menyamakan persepsi demi menghasilkan kesimpulan yang lebih baik, sesuai semboyan guru penggerak bahwa maju bersama itu lebih keren.

Hal berikutnya yang saya lakukan setelah mengikuti kegiatan CGP selama satu minggu ini yaitu saya berjanji dalam diri saya untuk memperbaiki diri saya, kembali belajar untuk menambah pengetahuan saya terkait tugas saya sebagai pendidik, memperbaiki laku saya sehingga dapat menjadi contoh teladan bagi siswa-siswi disekolah,berusaha untuk lebih akrab dengan siswa-siswi agar saya bisa memberi motivasi bagi mereka, memperbaiki pembelajaran dikelas saya sehingga dapat menuntun siswa saya menuju manusia yang merdeka sesuai kodrat alam dan kodrat zaman.

Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid