AKSI NYATA Modul 1.1. Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

AKSI NYATA MODUL 1.1

KIMIA DALAM SEBUAH KARYA

Oleh : Suparmi

CGP Angkatan 3

Kab. Lampung Utara

 

a.      Latar Belakang

Ki Hadjar menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: "menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Oleh sebab itu, pendidik itu hanya dapat  menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan  tumbuhnya kekuatan kodrat anak”

Setiap murid memiliki kodrat masing-masing, mereka bukanlah kertas kosong melainkan memiliki garis-garis halus atau bakat dan seorang pendidik bertugas menebalkan garis-garis tersebut. Dengan kodrat atau bakat tersebut dapat ditebalkan oleh guru disemua mata pelajaran salah satunya kimia, bakat menyanyi, membaca puisi, menggambar ataupun lainnya tetap dapat dikembangkan dalam pembelajaran kimia.

Dari uraian tersebut maka dilaksankannya aksi nyata yang berjudul “Kimia dalam sebuah karya”

b.      Deskripsi Aksi Nyata

Siswa membuat hasil karya yang bertema hidrokarbon dengan jenis karya yang dibebaskan sesuai dengan bakat, kemampuan siswa dapat berupa lagu, puisi, drama, poster, komik dan video. Dengan dibebaskan siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka, jika mereka memiliki bakat menggambar mereka dapat melatih kemampuan menggambar dan juga pemahaman kimia dengan membuat poster atau komik yang bertema hidrokarbon. Begitu juga dengan bakat-bakat lain. Harapannya dengan karya yang dibebaskan siswa tidak akan merasa terpaksa membuat karya yang tidak sesuai bakatnya.

c.       Tujuan Aksi Nyata

Tujuan dari aksi nyata ini yaitu:

1.      Membuat belajar kimia menjadi lebih menyenangkan

2.      Melatih kemampuan/bakat dalam diri siswa

d.      Linimasa kegiatan

Langkah-langkah aksi nyata sebagai berikut :

1.      Berkoordinasi dengan kepala sekolah dan wakil terkait

2.      Melaksanakan pembelajaran Hidrokarbon

3.      Membentuk kelompok siswa yang memiliki minat mirip

4.      Menjelaskan deskripsi tugas hasil karya kepada siswa

5.      Siswa berdiskusi hasil karya yang akan dibuat

e.       Refleksi

Aksi nyata ini dilaksanakan di masa pandemi dimana pembelajaran tatap muka 50% sehingga pembentukan kelompok berdasarkan sesi ditiap kelompoknya, mereka mengerjakan tugas ketika mendapat giliran tatap muka oleh karena itu waktu pengumpulan tugas jadi lebih lama. Siswa belum terbiasa untuk mengetahui bakat dalam diri mereka leh karena itu dengan berkelompok dapat membantu kepercayaan diri dan menanamkan untuk mengenali bakat yang ada didalam diri mereka

f.       Rencana Tindak Lanjut

Aksi nyata ini akan terus dilaksanakan untuk materi bab lain hanya secara perlahan jumlah anggota kelompok akan dikurangi sehingga setiap diri pada siswa akan lebih mengenal baat atau kemampuan yang ada didalam diri mereka.

g.      Dokumentasi





POSTER

KOMIK


LAGU


Siswa menuangkan hasil pembelajaran materi hidrokarbon dan minyak bumi dalam sebuah karya yang disesuaikan dengan kemampuan dan bakat mereka. Hal ini sesuai dengan filosofi pemikiran KHD dimana pendidikan merupakan proses menuntun kodrat yang ada dalam diri siswa demi mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid