AKSI NYATA Modul 1.1. Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
AKSI NYATA MODUL 1.1
KIMIA DALAM SEBUAH KARYA
Oleh
: Suparmi
CGP
Angkatan 3
Kab.
Lampung Utara
a.
Latar
Belakang
Ki
Hadjar menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: "menuntun segala kodrat
yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan
yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Oleh sebab itu, pendidik itu hanya dapat
menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak,
agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak”
Setiap
murid memiliki kodrat masing-masing, mereka bukanlah kertas kosong melainkan
memiliki garis-garis halus atau bakat dan seorang pendidik bertugas menebalkan
garis-garis tersebut. Dengan kodrat atau bakat tersebut dapat ditebalkan oleh
guru disemua mata pelajaran salah satunya kimia, bakat menyanyi, membaca puisi,
menggambar ataupun lainnya tetap dapat dikembangkan dalam pembelajaran kimia.
Dari
uraian tersebut maka dilaksankannya aksi nyata yang berjudul “Kimia dalam sebuah
karya”
b. Deskripsi Aksi Nyata
Siswa
membuat hasil karya yang bertema hidrokarbon dengan jenis karya yang dibebaskan
sesuai dengan bakat, kemampuan siswa dapat berupa lagu, puisi, drama, poster,
komik dan video. Dengan dibebaskan siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka,
jika mereka memiliki bakat menggambar mereka dapat melatih kemampuan menggambar
dan juga pemahaman kimia dengan membuat poster atau komik yang bertema
hidrokarbon. Begitu juga dengan bakat-bakat lain. Harapannya dengan karya yang
dibebaskan siswa tidak akan merasa terpaksa membuat karya yang tidak sesuai
bakatnya.
c. Tujuan Aksi Nyata
Tujuan dari aksi
nyata ini yaitu:
1. Membuat
belajar kimia menjadi lebih menyenangkan
2. Melatih kemampuan/bakat dalam diri siswa
d. Linimasa kegiatan
Langkah-langkah aksi
nyata sebagai berikut :
1. Berkoordinasi
dengan kepala sekolah dan wakil terkait
2. Melaksanakan
pembelajaran Hidrokarbon
3. Membentuk
kelompok siswa yang memiliki minat mirip
4. Menjelaskan
deskripsi tugas hasil karya kepada siswa
5. Siswa berdiskusi hasil karya yang akan dibuat
e. Refleksi
Aksi
nyata ini dilaksanakan di masa pandemi dimana pembelajaran tatap muka 50%
sehingga pembentukan kelompok berdasarkan sesi ditiap kelompoknya, mereka
mengerjakan tugas ketika mendapat giliran tatap muka oleh karena itu waktu
pengumpulan tugas jadi lebih lama. Siswa belum terbiasa untuk mengetahui bakat
dalam diri mereka leh karena itu dengan berkelompok dapat membantu kepercayaan
diri dan menanamkan untuk mengenali bakat yang ada didalam diri mereka
f. Rencana Tindak Lanjut
Aksi
nyata ini akan terus dilaksanakan untuk materi bab lain hanya secara perlahan
jumlah anggota kelompok akan dikurangi sehingga setiap diri pada siswa akan
lebih mengenal baat atau kemampuan yang ada didalam diri mereka.
g. Dokumentasi
Siswa menuangkan hasil pembelajaran materi hidrokarbon dan minyak bumi dalam sebuah karya yang disesuaikan dengan kemampuan dan bakat mereka. Hal ini sesuai dengan filosofi pemikiran KHD dimana pendidikan merupakan proses menuntun kodrat yang ada dalam diri siswa demi mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Keren mbk mami...lanjutken
BalasHapusok...
HapusSemangat mb
BalasHapussiap...
HapusSukses sll👍
BalasHapusaamin..
HapusMantab... !! Sukses terus ya mb...
BalasHapus