Refleksi Terbimbing 2.1

1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda? Selama ini saya memiliki kesulitan untuk melakukan pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya dikarenakan perbedaan kemampuan , ketika saya memberikan pembelajaran yang berfokus pada murid berkemampuan tinggi maka murid yang berkemampuan rendah akan tertinggal, namun ketika saya berfokus pada siswa berkemampuan rendah justru siswa berkemampuan tinggi merasa jenuh dengan pembelajaran. Setelah mempelajari materi pada modul 2.1 saya merasa pembelajaran berdiferensiasi ini merupakan solusi untuk masalah yang saya hadapi dimana pada pembelajaran berdiferensiasi ini guru melakukan proses pembelajaran yang mampu memenuhi kebutuhan semua murid baik yang berkemampuan tinggi, rendah dan juga yang sedang-sedang saja. 2. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan? Menurut saya yang sulit yaitu menerapkan pembelajaran tersebut dikelas hal ini dikarenakan pertama saya belum paham seperti apa contoh penerapan pembelajarn ini dikelas, kedua pembelajaran berdiferensiasi yang pasti memerlukan waktu pelaksanaan yang lebih lama, dan juga akan lebih sulit lagi ketika guru belum memahami karakteristik dari murid yang ada dikelasnya. 3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut. Ketika saya harus menjalankannya dukungan yang yang saya perlukan yaitu 1. Murid, saya perlu dukungan murid agar mau mengikuti pembelajaran sebaik mungkin, mau terbuka terhadap guru sehingga guru dapat memahami karakteristik murid, mengetahui kekurangan dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan dan keinginan mereka terkait perbaikan pembelajaran 2. Rekan CGP, PP, fasilitator berupa dukungan bantuan pendapat, solusi, informasi terkait pembelajaran diferensiasi 3. Kepala sekolah, rekan sejawat berupa dukungan motivasi agar saya terus semangat belajar mengaplikasikan pembelajaran berdiferensasi dan ketersediaan menerima informasi yang saya bagikan terkait pembelajaran dikelas 4. Sarana dan Prasarana, berupa ketersediaan sarana sebagai pendukung pengaplikasian pembelajaran diferensiasi di kelas Untuk mendapatkan dukungan tersebut saya akan melakukan pendekatan terhadap sumber dukungan tersebut, saya akan memposisikan diri agar mereka memahami bahwa mereka sangat penting terkait keberhasilan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid