Refleksi Terbimbing 2.1
1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi
solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda? Selama
ini saya memiliki kesulitan untuk melakukan pembelajaran yang dapat memenuhi
kebutuhan belajar murid saya dikarenakan perbedaan kemampuan , ketika saya
memberikan pembelajaran yang berfokus pada murid berkemampuan tinggi maka murid
yang berkemampuan rendah akan tertinggal, namun ketika saya berfokus pada siswa
berkemampuan rendah justru siswa berkemampuan tinggi merasa jenuh dengan
pembelajaran. Setelah mempelajari materi pada modul 2.1 saya merasa pembelajaran
berdiferensiasi ini merupakan solusi untuk masalah yang saya hadapi dimana pada
pembelajaran berdiferensiasi ini guru melakukan proses pembelajaran yang mampu
memenuhi kebutuhan semua murid baik yang berkemampuan tinggi, rendah dan juga
yang sedang-sedang saja.
2. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan?
Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan? Menurut saya yang sulit
yaitu menerapkan pembelajaran tersebut dikelas hal ini dikarenakan pertama saya
belum paham seperti apa contoh penerapan pembelajarn ini dikelas, kedua
pembelajaran berdiferensiasi yang pasti memerlukan waktu pelaksanaan yang lebih
lama, dan juga akan lebih sulit lagi ketika guru belum memahami karakteristik
dari murid yang ada dikelasnya.
3. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit
tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat
mengakses dukungan tersebut. Ketika saya harus menjalankannya dukungan yang yang
saya perlukan yaitu 1. Murid, saya perlu dukungan murid agar mau mengikuti
pembelajaran sebaik mungkin, mau terbuka terhadap guru sehingga guru dapat
memahami karakteristik murid, mengetahui kekurangan dalam pembelajaran yang
telah dilaksanakan dan keinginan mereka terkait perbaikan pembelajaran 2. Rekan
CGP, PP, fasilitator berupa dukungan bantuan pendapat, solusi, informasi terkait
pembelajaran diferensiasi 3. Kepala sekolah, rekan sejawat berupa dukungan
motivasi agar saya terus semangat belajar mengaplikasikan pembelajaran
berdiferensasi dan ketersediaan menerima informasi yang saya bagikan terkait
pembelajaran dikelas 4. Sarana dan Prasarana, berupa ketersediaan sarana sebagai
pendukung pengaplikasian pembelajaran diferensiasi di kelas Untuk mendapatkan
dukungan tersebut saya akan melakukan pendekatan terhadap sumber dukungan
tersebut, saya akan memposisikan diri agar mereka memahami bahwa mereka sangat
penting terkait keberhasilan pelaksanaan pembelajaran diferensiasi tersebut.
Komentar
Posting Komentar