Jurnal Refleksi pekan ke 10. b PGP Angkatan 3 Kab. Lampung Utara
1. TOPI PUTIH (FACTS):
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.
Pembelajaran diferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (commn sense) yang dibuat leh guru yang beroientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan yang dibuat terkait dengan
1. Tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas
2. Bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya
3. Lingkungan belajar yang mengundang murid untuk belajar
4. Manajemen kelas yang efektif
5. Penilaian berkelanjutan
Pembelajaran diferensiasi harus berakar pada kebutuhan belajar mrid.
Kebutuhan belajar murid terdiri dari 3 aspek:
1. Kesiapan belajar (readiness) murid
2. Minat murid
3. Profil belajar murid
Strategi diferensiasi
1. Diferensiasi Konten (materi apa yang diajarkan)
2. Diferensiasi Proses ( Strategi yang dijalankan)
3. Diferensiasi Produk ( tugas atau tagihan )
Lingkungan Belajar yang mendukung berdiferensiasi harus dibangun dalam komunitas belajar berisi pembelajaran, guru mengembangkan praktik yang mendukung pembelajaran.
Karakteristik pembelajaran berdiferensiasi
1. Setiap orang akan dihargai/diterima
2. Setiap orang dalam kelas saling menghargai
3. Murid akan merasa aman
4. Ada harapan bagi pertumbuhan
5. Guru mengajar untuk mencapai kesuksesan
6. Ada keadilan dalam bentuk yang nyata
7. Guru dan siswa berkolaborasi untuk mencapai kesuksesan bersama
Kesimpulan : Guru memiliki peran penting dalam membentuk atmosfer lingkungan kelas yang positif
2. Topi Merah (Feelings)
Perasaan saya selama pembelajaran ini yaitu bingung, saya masih belum paham bagaimana menciptakan pembelajaran berdiferensiasi dikelas itu. Untuk diferensiasi konten mungkin saya sedikit mengerti dimana guru menyediakan bahan ajar yang dapat memenuhi semua kebutuhan siswa baik yang berkemampuan tinggi ataupun kemampuan rendah, begitu juga untuk diferensiasi produk berarti tugas yang ditagihkan harus menyesuikan dengan kemampuan murid. Tapi untuk diferensiasi proses saya masih kebingungan untuk memahaminya .
3. Topi Kuning (Benefits)
Hal – hal positif yang saya dapatkan dalam pembelajaran ini yaitu sebagai seorang guru saya harus memahami karakter dari setiap murid saya, bagaimana kemampuannya apa saja kebutuhannya dalam mengikuti pembelajaran. Untuk memahami karakter itu saya harus senantiasa melakukan observasi terhdap peserta didik saya
4. Topi Hitam (Cautions):
Kendala yang saya alami yaitu saya belum begitu paham untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi dikelas, bagaimana manajemennya agar semua kebutuhan murid di dalam kelas dapat terpenuhi dengan baik.
5. Topi Hijau (Creativity):
Berusaha membaca ulang modul, mencari contoh-contoh pebelajaran berdiferensiasi, berdiskusi dengan rekan lain tentang pembelajaran berdiferensiasi.
6. Topi Biru (Process).
Setelah mengikuti kegiatan pekan ini saya memahami bahwa perlu adanya keadilan dalam suatu pembelajaran yaitu dengan melakukan pembelajaran diferensiasi dimana keadilan ini berupa pembelajaran yang mampu memenuhi segala kebutuhan belajar murid
Komentar
Posting Komentar