Jurnal Refleksi Pekan 13. b PGP Angkatan 3 Kab. Lampung Utara

 

Jurnal Refleksi Pekan ke 13 b

 

Model 4C (Facts, Feelings, Findings, Future)

Facts (Peristiwa) : pada pekan ini alur yang dilalui yaitu demonstrasi kontekstual, elaborasi, koneksi antar materi dan aksi nyata. Pada bagian demonstrasi kontekstual dijalani dengan membuat RPP pembelajaran yang mengintegrasikan kompetensi sosial dan emosional dalam pembelajaran. RPP yang saya buat berisi materi faktor-faktor laju reaksi dengan 3 kompetensi sosial emosional yang diintegrasikan yaitu pengelolaan diri, keterampilan relasi dan kesadaran diri. Berlatih pengelolaan diri disaat kegiatan ice breaking yaitu siswa dilatih untuk relaks dan kembali fokus melalui kegiatan tersebut, keterampilan relasi dilatihkan pada saat kegiatan berdiskusi dalam kelompok siswa akan belajar berkomunikasi dengan baik, menghargai persamaan dan perbedaan pendapat serta belajar menjalin hubungan yang baik dengan temannya. Kompetensi kesadaran diri dilatihkan dengan cara refleksi pembelajaran, pada bagian ini siswa dilatih menyadari keadaan dirinya selama pembelajaran, bagaimana perasaannya selama mengikuti pembelajaran bahagia, sedih atau biasa saja. Siswa juga dilatih menyadari diri tentang tingkat pemahamannya dalam pembelajaran yang telah dialaminya apakah mengerti atau tidak. Dan terakhir siswa diminta berlatih kesadaran diri dengan menuliskan jenis pembelajaran yang diinginkannya. Elaborasi pemahaman dimodul ini bersama monika irayati membahas tentang pembelajaan sosial dan emosional. Koneksi antar materi dilalui dengan membuat ringkasan yang mengkaitkan konsep pembelajaran sosial dan emosional dengan materi yang terdapat pada modul-modul sebelumnya.

Pekan ini diakhiri dengan kegiatan aksi nyata dimana dilakukan dengan membuat video pembelajaran yang menunjukan pengintegrasian kompetensi pengelolaan diri, keterampilan relasi, dan kesadaran diri dalam pembelajaran. Video dibuat dengan durasi 20 menit dengan rincian 15 menit menampilkan poin-poin penting yang terjadi dalam pembelajaran dan 5 menit berisi refleksi CGP terkait pembelajaran yang telah dilakukan.

Feelings (perasaan) : Perasaan saya ketika mengikuti pembelajaran pekan ini saya merasa bersemangat dan senang karen materi yang dipelajari merupakan hal yang sangat menarik terkait manajemen emosi dalam menekan tingkat stress akibat himpitan tugas bagi guru dan juga siswa

Findings(Pembelajaran) : setelah mempelajari kegiatan ini saya paham bahwa Pembelajaran sosial dan emsional sangat penting untuk dipelajari agar tercapai keadaan well being. siswa saya juga harus dilatih aspek sosial dan emosionalnya disamping aspek intelektualnya. Pelatihan itu dapat dilakukan dengan cara pembiasaan dan juga terintegrasi dalam pembelajaran

Future (Penerapan) : Setelah mempelajari materi ini saya menyadari selama ini saya sudah melatihkan kompetensi sosil dan emosional dalam pembeljaran. Kedepannya saya akan akan terus berlatih mindfullness agar saya dapat mengelola emosi ditengah himpitan pekerjaan dan melatih kompetensi sosial dan emosial kepada siswa saya melaluikegiatan pembiasaan dan pengintegrasian dalam pembelajaran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid