Jurnal Refleksi Pekan ke 8 tentang Budaya positif PGP angkatan 3 Kabupaten Lampung Utara
Jurnal
Refleksi Pekan ke 8💪
Modul 1.4 ( Mulai dari diri sendiri, elaborasi konsep dan kolaborasi)
Model 4C (Facts, Feelings,
Findings, Future)
1. Facts (Peristiwa) : Pekan ke 8 diawali dengan mempelajari mdul 1.4 tentang budaya positif. Alur yang dilewati pekan ini yaitu mulai dari diri sendiri, eksplorasi konsep dan ruang kolaborasi. Mulai dari diri sendiri saya diminta untuk melihat dalam diri saya , budaya positif yang ada disekolah, bagaimana dengan budaya disiplin yang telah dijalankan dan bagaimana hubungan budaya positif tersebut dengan pembelajaran yang ada dikelas. Budaya positif yang ditanamkan dalam sekolah dapat membantu terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan nyaman bagi siswa serta memudahkan tertanamnya karakter profil pelajar pancasila.Upaya penanaman budaya positif dalam sekolah perlu dimulai dari diri sendiri dan kemudian akan menjadi teladan bagi siswa. Pada bagian eksplorasi konsep dipelajari materi perubahan paradigma dari stimulus respon menjadi teori kontrol. Selain memahami tentang paradigma stimulu respon dan juga teori kontrol pada bagian ini juga dilakukan refleksi tentang penerapan budaya disiplin yang sudah dilakukan disekolah. Materi yang dipelajari berikutnya yaitu motivasi perilaku seorang manusia yaitu untuk menghindari ketidaknyamanan/hukuman, untuk mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain, dan untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya.Pelajaran selanjutnyayaitu mengenai keyakinan kelas, hukuman dan penghargaan ini, pada bagian ini saya belajar cara membuat keyakinan kelas bersama siswa, memahaminya dan berusaha untuk menjalankannya dalam kelas. Dengan adanya keyakinan kelas itu bagaimana jika ada yang tidak bisa menjalankannya, maka akan muncul konsekuensi yang bisa berupa hukuman dan juga penghargaan. Saya belajar apa perbedaan hukuman dan penghargaan bagaimana dampak bagi siswa ketika mereka melakukan kesalahan diberi hukuman dan bagaimana jika mereka diberi penghargaan berupa konsekuensi. Selanjutnya dipelajari juga 5 kebutuhan dasar manusia yaitu: Survival (bertahan hidup), Love and belonging kasih dan sayang), kebebasan (freedom), Kesenangan (Fun), dan Penguasaan (Power). Setiap tindakan kesalahan yang dilakukan oleh siswa selalu berdasar dari kebutuhan tersebut, sebagai pendidik kita perlu mengetahui penyebab siswa melakukannya serta kita analisis kebutuhan apa yang diperlukan siswa berdasarkan jawaban yang diberikan. Hasil itu yang akan menjadi dasar kita untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Setelah memahami kesalahan yang dilakukan siswa saya juga belajar posisi seorang pendidik yang berperan sebagai kontrol berdasaran permasalahan yang ada, posisi itu yaitu penghukum, pembuat orang merasa bersalah, teman, monitor/ pemantau, dan manajer. Hal terakhir yang dipelajari yaitu restitusi, menciptakan kondisi bagi siswa untuk memperbaiki kesalahannya, restitusi membantu siswa menjadi lebih memiliki tujuan, disiplin positif, dan memuliakan dirinya. Pada bagian kolaborasi saya berdiskusi dengan rekan cgp lain tentang beberapa kasus yang biasa terjadi disekolah, kami berdiskusi menganalisis kebutuhan apa yang diperlukan seorag siswa, posisi kontrol guru dan restitusi yang dijalankan berdasarkan kasus yang dipelajari. Pada pekan ini banyak sekali materi yang harus dipelajari dan pahami, sejujurnya dengan waktu yang sedikit ini saya selesai membaca dan mengerjakan tugas di bagian note, tetapi belum mendalam karna membacanya dengan terburu-buru. Untuk mengatasinya saya tetap mengerjakan tugas di note dan unuk lebih memahaminya saya mengulangi membaca materi di hari lain dengan perlahan dan tidak terburu-buru karena saya paham tugas saya bukan hanya mengerjakan tugas yang ada di LMS saja tetapi juga harus memahami materi yang ada dengan baik karena materi tersebut bukanhanya untuk dibaca tetapi untuk diaplikasikan dikehidupan saya terutama dalam pembelajaran dikelas.
2. Feelings (perasaan) : Senang, karena materi yang saya pelajari ini sangat menarik karena materi ini dapat menjadi acuan saya mengatasi permasalahan yang saya hadapi dikelas.
3. Findings(Pembelajaran) : setelah mempelajari kegiatan ini saya paham bahwa ketika siswa saya melakukan kesalahan itu berdasarkan sebuah kebutuhan, dengan mengetahui kebutuhan tersebut saya dapat mengetahui langkah apa yang saya lakukan kepada siswa. Saya juga memahami posisi saya sebagai kontrol selama ini lebih pada posisi penghukum dan pembuat orang lain merasa salah.
4. Future
(Penerapan) : Setelah
mempelajari materi ini saya akan menggunakan sebagai acuan saya menghadapi
siswa yang melakukan kesalahan. Saya akan membuat keyakinan kelas terlebih
dahulu sebagai dasar ketika nanti menemukan siswa yang melakukan kesalahan.
Ketika ada siswa melakukan kesalahan saya akan mengidentifikasi kebutuhan siswa
tersebut, baru kemudian berusaha memposisikan kontrol sebagai manajer, dan
diakhirnya saya membantu siswa untuk melakukan restitusi berdasarkan kesalahan
yang dilakukannya dan keyakinan kelas yang sudah ada.
Komentar
Posting Komentar