Jurnal Refleksi Pekan 20 PGP Angkatan 3 Kab. Lampung Utara

 JURNAL REFLEKSI PEKAN KE 20

(21-25 Februari 2022)

Model 1 : 4 F (Facts, Feelings, Findings, Future)

1. Facts (peristiwa) : Pekan ke 20 diawali dengan kegiatan aksi nyata modul 3.1 dimana aksi nyata yang saya lakukan yaitu menerapkan 9 langkah pengambilan keputusan dalam menentukan pelaksanaan ujian PTS akan dengan daring atau tatap muka. Kegiatan berikutnya yaitu mulai dari diri modul 3.2 tentang pemimpin dalam pengelola sumber daya dengan mencoba melihat ke dalam diri selama ini apa yang saya lakukan apakah melihat suatu kelemahan atau kelebihan suatu hal. Selama ini saya sering berpikir dengan berdasarkan suatu masalah, kesulitan serta kelemahan yang ada. Eksplorasi konsep membahas tentang 2 cara berpikir yaitu berbasis masalah dan berbasis aset. Pendekatan berbasis masalah selalu terfokus pada masalah dan kelemahan , fokus mencari bantuan menyelesaikan kekurangan. Pendekatan berbasis aset berfokus pada aset dan kekuatan , berupaya bagaimana mengelola aset dan kekuatan tersebut untuk keberhasilan tujuan organisasi. 7 aset utama suatu organisasi atau komunitas yaitu modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan alam, modal finansial, modal politik , modal agama dan budaya. Pada pembelajaran pekan ini kami belajar bagaimana mengidentifikasi ke 7 moal aset utama di daerah sekolah serta pengaruhnya pada pembelajaran di sekolah. 

2. Feelings (Perasaan) : Perasaan saya ketika mengikuti pembelajaran ini merasa senang dan juga takjub, saya mengidentifikasi aset yang ada disekolah dan sekitarnya ternyata banyak sekali aset yang dimiliki dan mampu untuk membantu kemajuan pembelajaran di sekolah.

3. Findings (Pembelajaran ) : Dengan melihat ada kekuatan dan aset saya belajar banyak cara mengidentifikasi aset yang dimiliki oleh sekolah, yang mampu memberikan dampak positif bagi sekolah. Selain aset yang dimiliki oleh sekolah , ternyata ada juga aset daerah baik menyangkut sosial, lingkungan agama maupun budaya. Aset-aset daerah tersebut ternyata dapat juga dimanfaatkan demi kemajuan pembelajara di sekolah. Hanya saja erlu kejelian dan kesabaran dalam mengelolanya.

4. Future (Penerapan) : Setelah mengikuti kegiatan pekan ini, langkah yang akan saya lakukan yaitu mengubah pendekatan pemikiran dalam diri saya dari berbasis masalah menjadi berbasis aset. Belajar mengidentifikasi aset yang disekitan dan mengelolanya untuk kemajuan pembelajaran saya di kelas maupun disekolah secara umum.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid