Jurnal Refleksi Pekan ke 14 PGP Angkatan 3 Kab. Lampung Utara

 

Topi Putih : Pada pekan ini dimulai pada alur aksi nyata modul 2.2 tentang pembelajaran sosial dan emosional. Dengan melakukan pembelajaran yang melatihkan kompetensi ssial dan aksi nyata di dalam kelas. Pada kesempatan in KSE yang saya praktekkkan dikelas yaitu pengelolaan diri melalui ice breaking, keterampilan relasi dengan belajar secara berkelompok, dan kesadaran diri melalui refleksi pembelajaran. Langkah berkutnya yaitu pembuka modul 2.3 Coaching , diawali dengan mulai dari diri dengan mengisi pertanyaan yang membimbing CGP melihat dalam dirinya bagaimana sikapnya ketika menemukan siswa yang memiliki permasalahan. Dilanjutkan dengan eksplorasi konsep berisi materi keterampilan Coaching. konselor akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang dialami oleh kliennya, mentor memberi tips pengalaman dirinya kepada seseorang yang mengalami masalah tersebut, coach mendorong seseorang yang bermasalah tersebut menyelesaikan masalahnya tersebut. Tips menjadi coach yaitu menyamakan kata kunci, menyamakan bahasa tubuh, menyelaraskan emosi. Cara menjadi pendengar aktif yaitu melakukan kontak mata, fokus kepada apa saja yang dikatakan, mendengarkan lawan bicara, beritahu lawan bicara jika kamu mengerti atau tidak mengerti, ulangi apa yang didengar, ajukan pertanyaan, anggukan kepala, merespon dengan bahasa tubuh yang tepat, menunggu lawan bicara berhenti bicara baru berbicara, dan abaikan gangguan dari sekitar. Pertanyaan efektif yaitu pertanyaan terbuka, pertanyaan yang berfokus pada tujuan, pertanyaan refleksi, pertanyaan eksplorasi, pertanyaan mengukur pemahaman, dan pertanyaan aksi.

Topi merah : setelah mempelajarai materi ini saya merasa agak minder atau tidak percaya diri apakah saya bisa menjadi seorang Coach yang baik, mengingat saya kurang bisa berkomunikasi terutama membuat pertanyaan yang membimbing coachee.

Topi kuning : hal-hal positif pada materi ini yaitu dengan mempelajari coaching, seorang guru dapat memaksimalkan potensi yang ada dalam diri siswa untuk mencapai kesuksesannya.

Topi hitam : Kendala yang ada yaitu kurangnya kemampuan berkomunikasi yang baik dalam membuat pertanyaan yang membimbing coachee

Topi Hijau : Setelah mempelajari ini saya berencana untuk berusaha memahami permasalahan yang dialami orang lain, berlatih berkomunikasi dengan orang lain

Topi Biru : Dengan mempelajari coaching saya dapat membantu siswa saya menyelesaikan permasalahannya paling tidak permasalahan yang dihadapi selama pembelajaran saya dikelas


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Demonstrasi Kontekstual 2.3 Coaching

Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

3.3.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid